Oleh: eddynurh | Agustus 11, 2009

Copy File and Directory in MS DOS

Ini games baru WE yah…

dlnkmgr – Hitachi SAN HDLM software Description

Available command parameters:

# dlnkmgr help
dlnkmgr { clear | help | offline | online | set | view }

The view option allows you to see system and drive information

# dlnkmgr view -help
dlnkmgr view -sys [ -sfunc | -msrv | -adrv | -pdrv ] [-t]
dlnkmgr view -path [ -c | -hdev HostDeviceName ] [-t]
dlnkmgr view -path -item [pn] [dn] [lu] [cp] [type] [ic] [ie] [dnu] [hd]
[ -hdev HostDeviceName ] [-t]
dlnkmgr view -drv [-t]

The clear option allows you to clear the errors counters

# dlnkmgr clear -help
dlnkmgr clear -pdst [-s]

The offline option allows you to disactivate a dlmfdrv

# dlnkmgr offline -help
Format
dlnkmgr offline [-path] -pathid AutoPATH_ID [-s]

Valid value
AutoPATH_ID {000000 – 999999}(Decimal)

The online option allows you to activate a dlmfdrv

# dlnkmgr online -help
Format
dlnkmgr online [-path] [-pathid AutoPATH_ID] [-s]

Valid value
AutoPATH_ID {000000 – 999999}(Decimal)

The set option allows you to set various dlm values

# dlnkmgr set -help
Format
dlnkmgr set { -lb { on | off }
| -ellv LogLevel
| -elfs LogSize
| -systflv TraceLevel
| -pchk { on [ -intvl Interval-Time ] | off }
| -afb { on [ -intvl Interval-Time ] | off }
| -rsv on ReserveLevel }
[-s]

Valid value
LogLevel { 0 | 1 | 2 | 3 } (Default Value 3)
LogSize { 100 – 9900 }(KB) (Default Value 1000)
TraceLevel { 0 | 1 | 2 | 3 | 4 } (Default Value 0)
Interval-Time { 1 – 1440 }(Minute) (Default Value 30)
(pchk)
Interval-Time { 1 – 1440 }(Minute) (Default Value 1)
(afb)
ReserveLevel on { 0 | 2 } (Default Value “on 0”)

Command to view path information

# dlnkmgr view -path
Paths:000002 OnlinePaths:000002
PathStatus IO-Count IO-Errors
Online 49960 0

PathID PathName DskName iLU ChaPort Status Type IO-Count
IO-Errors DNum HDevName
000000 08.14.0000000000075000.0000 HITACHI .OPEN-V .43194 0085 1G Online Own
25152 0 0 dlmfdrv2
000001 08.3D.0000000000085000.0000 HITACHI .OPEN-V .43194 0085 2G Online Own
24808 0 0 dlmfdrv3
KAPL01001-I The HDLM command completed normally. Operation name = view
Example

dnlkmgr view -path

Oleh: eddynurh | Juli 22, 2009

HDLM Installation

HDLM Installation

To prepare a device that is already operating:

1. Terminate all processes of applications that are accessing devices to be

managed by HDLM.

2. If necessary, back up all devices that are to be managed by HDLM.

3. Unregister the devices.

If a device to be managed by HDLM is registered in a program, including

cluster software (excluding the volume management software), release the

registration.

When accessing a device that is to be managed after HDLM installation, the

setting name used until now cannot be used for access because the logical

device file name for the HDLM device that HDLM creates is used.

4. Unmount the disks.

If the disks to be managed by HDLM were mounted by specifying SCSI

devices, unmount them.

5. If the disks are set to be mounted automatically when the host starts, delete

this setting from the /etc/fstab file.

Performing a New Installation of HDLM

1. Log on to Linux as the root user.

2. Prepare the license key.

Store the license key file (*.plk), using the name hdlm_license, directly

under /var/tmp.

/var/tmp/hdlm_license

3. Insert the CD-ROM and mount it.

# mount /dev/cdrom /mnt/cdrom

or

# mount /dev/cdrom /media/cdrom

4. Check the version of HDLM.

# /media/cdrom/installhdlm -v

5. Perform the installation.

# /media/cdrom/installhdlm

6. A message appears confirming the execution of the new installation. Enter y

in response to the message.

The license key file will be deleted when installation finishes.

KAPL09210-I installhdlm will now start.

KAPL09093-I HDLM x.x.x-xx will be installed. Is this OK ? [y/n]: y

Preparing packages for installation…

KAPL09076-I The permanent license was installed.

HDLM-x.x.x.x.xxx-xx

KAPL09043-I The installation of HDLM-x.x.x.x.xxx-xx completed successfully.

KAPL09211-I installhdlm completed successfully.

7. Make sure that HDLM is installed

# rpm -qi HDLM

8. If you want to set the HDLM driver options, run the dlmsetopt utility.

For details on this utility, see dlmsetopt (Utility for Setting HDLM Driver

Options).

If you performed this step, go to step 11.

9. When you want to install HDLM without restarting the host, go to step 10.

When you want to install HDLM with restarting the host, then go to step 11.

10. Execute the dlmstart utility for starting HDLM.

For details, see dlmstart (Utility for Starting HDLM).

11. Add /opt/DynamicLinkManager/bin in the environment variable PATH in the

environment setup file of the root user.

When the BourneAgain shell or Korn shell is used:

PATH=$PATH:/opt/DynamicLinkManager/bin ; export PATH

When the C shell is used:

set path= ( $path /opt/DynamicLinkManager/bin )

The path is temporarily added to the environment variable PATH so that the

command can be executed in a simple form. To execute an HDLM command

or HDLM utility without setting the environment variable PATH, specify the

absolute path to execute the command or utility.

If you have performed steps 10, go to step 13.

12. Restart the host.

Execute the following command to restart the host:

# shutdown -r now

A path will be established in the HDLM device and the HDLM manager will start

13. Execute the dlnkmgr command’s view operation to check the HDLM settings

and status of each program.

# /opt/DynamicLinkManager/bin/dlnkmgr view -sys

HDLM Version : x.x.x-xx

Service Pack Version :

Load Balance : on(extended lio)

Support Cluster :

Elog Level : 3

Elog File Size (KB) : 9900

Number Of Elog Files : 2

Trace Level : 0

Trace File Size(KB) : 1000

Number Of Trace Files : 4

Path Health Checking : on(30)

Auto Failback :

Oleh: eddynurh | Juli 21, 2009

Make LUNs available to Linux

1.

The CLARiiON devices will be represented in /proc/scsi/scsi and can be viewed by using more /proc/scsi/scsi.

Additional sd and sg filenames may need to be created because the number created by default in the kernel is usually less than 128 device filenames.

2.

Partition the CLARiiON devices by verifying that you are logged in as root and performing the steps below for each new devices that requires partitioning:

NOTE: Using the fdisk command allows a single disk device to be partitioned.

a. Enter the following command:

fdisk /dev/<device_name>

where <device_name> is the LUN device-name

For example: fdisk /dev/sdb

b. Type m (for help) and press Enter to display a menu of options.

Type x (for expert functionality) and press Enter. Type m and press Enter to see another menu of options.

c. From the main fdisk menu, type n and press Enter to add a new disk partition.

d. Type t and press Enter to change a partition’s system ID.

e. Type L and press Enter for a list of hex codes for system Ids. (Linux is type 83; Linux swap is 82.)

f. Type p and press Enter to print the partition table so you can verify that the selections look correct.

g. Type w and press Enter to write the table to disk and exit fdisk.

h. Repeat steps c through g for each new CLARiiON device.

i. If you want to display the partition numbers created after Linux recognizes them, view the file /proc/partitions.

£

3.

Create a new filesystem as follows:

Once each CLARiiON disk device has been formatted, partitions, and labeled, you must create a filesystem in order to make the partition useable.

a. Enter the following mkfs command:

mkfs /dev/<device_name>/<partition_number>

where <device_name> is the LUN device name and <partition_number> is the partition number

Examples:

ext2: mkfs /dev/sdb1
ext3:
mkfs –j/dev/sbd1
reiserfs:
mkreiserfs –h r5 /dev/sdb1

b. When prompted to confirm the construction of a new filesystem, type Y and press Enter.

4.

Once the filesystem for each CLARiiON disk device has been created, you must create a mount directory for each device as follows:

mkdir /<mount_point>

For example:

mkdir /mnt/sdb

where /mnt/sdb is the complete path for the new filesystem

£

5.

To mount each filesystem, enter the mount command as follows:

mount -t <filesystem type> /dev/<device_partition_name> <mount_point>

Examples:

ext2: mount –t ext2 /dev/sdb1 /mnt/sdb

ext3: mount –t ext3 /dev/sdb1 /mnt/sdb

reiserfs: mount –t reiserfs /dev/sdb1 /mnt/sdb

This mounts the partition /dev/sdb1 onto the mount point /mnt/sdb as the filesystem type specified.

This mount command is required every time the server is rebooted. If preferable, the filesystem can be mounted automatically at boot time by adding this information to the /etc/fstab file. Once the filesystems are mounted, data can be written to and read from them.

6.

In Navisphere Manager, display the host identifier of the LUN:

a. On the storage system tree, expand the icons of the storage group that this host is part of.

b. Expand the icons of the LUN branch.

c. After several seconds, each LUN mounted on the host should also display the host identifier for that LUN.

Oleh: eddynurh | Juli 21, 2009

OB paling ngetop

Mamat, pesuruh di kantor kami dikenal suka omong gede, ngakunya kenal sama semua orang beken dinegeri ini.

Tingkahnya itu kadang-kadang ngeselin. Suatu waktu, boss-nya penasaran dan ingin membuktikan bualannya.

“Oke boss” kata si Mamat, “sebutin aja deh nama orangnya yang ane kagak kenal”.

“Coba buktiin you kenal nggak sama si Meriem Bellina”.

“Beres boss. ‘Yuk kita ke pengadilan. Maklum si Meriem ‘kan lagi ngegugat-cerai lakinya.”

Di pengadilan, menunggu sebentar, nggak lama kemudian muncul Meriam diiringi pengacaranya.
Begitu lewat di depan si Mamat, langsung si Meriem negor:

“Eh, Mat ke mana aja udah lama nggak keliatan?”, diiringi cium pipi kiri dan kanan ala selebritis.
“‘Ntar kalo urusan udah selesai main ya kerumah”.

Sejenak si boss terpana, tapi tak lama kemudian dia ngomong:

“Ah, saya masih belum yakin. ‘kali kebetulan aja.
Ayo sekarang tunjukin kalo you kenal sama si Liem Sioe Liong”. “Beres boss”.

Esoknya mereka menunggu di lobby gedung BCA yg diagunin ke BPPN itu. Tak lama kemudian muncullah si taipan diiringi bodyguard-nya.

Melihat si Mamat, eh si taipan nyamperin:
“Haiyya, Mat. Tumben elu baru nongol. Owe udah lama nyariin elu. Kemana ajah? Yuk keatas dulu, kita ngopi sebentar”.

“Wah, ‘koh, ane lagi banyak urusan nih. Kamsia deh. Kapan-kapan ane pasti mampir lagi”.
Si taipan nyautin: “Iya dah. Jangan lupa ya”,
sambil tangannya menyisipkan sesuatu ke kantong si Mamat.

Beberapa saat si boss melongo menyaksikan semua adegan pembicaraan. Tapi si boss masih penasaran, katanya:

“Oke deh, saya udah hampir percaya semua yang saya saksikan. Tapi ini test yang terakhir. Coba buktiin kalo you kenal sama Gus Dur”.

“Yakh boss, terang ane kenal, ‘kansaben hari nongol di TV”.

“Bukan itu maksudku, tapi kenalnya kenal beneran”, sergah si boss.

“Beres deh boss, ‘kan hari Minggu ada Gus Dur di Senayan. ‘Ntar kita ke sana.”

Hari Minggu sungguh luar biasa, ribuan massa sudah luber di Senayan.

“Wah, boss kalo gini caranya susah juga ya. Gimana caranya dia tau ane ada di sini.
Tapi… gini aja deh, boss. Boss tunggu aja di sini.

Boss liat aja nanti ane keluar di podium barengan ame Gus Dur. Ane kenal kok sama Banser-Banser yang tugas di podium.” Ditunggu-tunggu, setengah jam kemudian tepuk tangan bergemuruh nyambut Gus
Dur keluar dari podium, dan… keluar dengan digandeng si Mamat disebelahnya.

Di sebelah satunya jelas si Yenny, putrinya. Tak lama kemudian si Mamat balik mau nemuin boss-nya.
Kaget dia nemuin bossnya pingsan dikelilingi Petugas P3K, jangan- jangan serangan jantung.
Setelah ditunggu beberapa lama kemudian, pelan-pelan dia ngomong ke
si bossnya:

“Boss, boss kenapa ente”. Nggak lama si boss buka matanya, setengah berbisik “Nggak apa-apa.
Aku nggak apa-apa”.

“Abis kenapa bisa kejadian begini?”, tanya si Mamat.

“Tadi waktu you keluar bareng Gus Dur di podium, orang di sebelah saya ngomong:

“EH, SIAPA TUH YANG DIGANDENG SI MAMAT???

Jangan “ngambek” berkepanjangan terhadap org yg kamu kasihi Bagi yg sudah pernah baca,luangkan waktu untuk baca sekali  lagi Ini adalah cerita sebenarnya ( diceritakan oleh Lu Di dan di edit oleh Lian Shu Xiang ) Sebuah salah pengertian yg mengakibatkan kehancuran sebuah rumah tangga.Tatkala nilai akhir sebuah kehidupan sudah terbuka,tetapi segalanya sudah terlambat.  Membawa nenek utk tinggal bersama menghabiskan masa tuanya bersama kami,malah telah menghianati ikrar cinta yg telah kami buat selama ini,setelah 2 tahun menikah,saya dan suami setuju menjemput nenek di kampung utk tinggal bersama .

Sejak kecil suami saya telah kehilangan ayahnya,dia adalah satu-satunya harapan nenek,nenek pula yg membesarkannya dan menyekolahkan dia hingga tamat kuliah. Saya terus mengangguk tanda setuju,kami segera menyiapkan sebuah kamar yg menghadap taman untuk nenek,agar dia dapat berjemur,menanam bunga dan sebagainya.Suami berdiri didepan kamar yg sangat kaya dgn sinar matahari,tidak sepatah katapun yg terucap tiba-tiba saja dia mengangkat saya dan memutar-mutar saya seperti adegan dalam film India dan berkata :”Mari,kita jemput nenek di kampung”.

Suami berbadan tinggi besar,aku suka sekali menyandarkan kepalaku ke dadanya yg bidang,ada suatu perasaan nyaman dan aman disana.Aku seperti sebuah boneka kecil yg kapan saja bisa diangkat dan dimasukan kedalam kantongnya.Kalau terjadi selisih paham diantara kami,dia suka tiba-tiba mengangkatku tinggi-tinggi diatas kepalanya dan diputar-putar sampai aku berteriak ketakutan baru diturunkan.. Aku sungguh menikmati saat-saat seperti itu.

Kebiasaan nenek di kampung  tidak berubah.Aku suka sekali menghias rumah dengan bunga segar,sampai akhirnya nenek tidak tahan lagi dan berkata kepada suami:”Istri kamu hidup foya-foya ,buat apa beli bunga?Kan bunga tidak bisa dimakan?” Aku menjelaskannya kepada nenek:”Ibu,rumah dengan bunga segar membuat rumah terasa lebih nyaman dan suasana hati lebih gembira.”Nenek berlalu sambil mendumel,suamiku berkata sambil tertawa:”Ibu, ini kebiasaan orang kota,lambat laun ibu akan terbiasa juga.” Nenek tidak protes lagi,tetapi setiap kali melihatku pulang sambil membawa bunga,dia tidak bisa menahan diri untuk bertanya berapa harga bunga itu,setiap mendengar jawabanku dia selalu mencibir sambil menggeleng-gelengka n kepala.Setiap membawa pulang barang belanjaan,dia selalu tanya itu berapa harganya ,ini berapa.Setiap aku jawab,dia selalu berdecak dengan suara keras.Suamiku memencet hidungku sambil berkata:”Putriku, kan kamu bisa berbohong.Jangan katakan harga yang sebenarnya..” Lambat laun,keharmonisan dalam rumah tanggaku mulai terusik. Nenek sangat tidak bisa menerima melihat suamiku bangun pagi menyiapkan sarapan pagi untuk dia sendiri,di mata nenek seorang anak laki-laki masuk ke dapur adalah hal yang sangat memalukan.Di meja makan,wajah nenek selalu cemberut dan aku sengaja seperti tidak mengetahuinya. Nenek selalu membuat bunyi-bunyian dengan alat makan seperti sumpit dan sendok,itulah cara dia protes.

Aku adalah instrukstur tari,seharian terus menari membuat badanku sangat letih,aku tidak ingin membuang waktu istirahatku dengan bangun pagi apalagi disaat musim dingin.Nenek kadang juga suka membantuku di dapur,tetapi makin dibantu aku menjadi semakin repot,misalnya; dia suka menyimpan semua kantong-kantong bekas belanjaan,dikumpulk an bisa untuk dijual katanya.Jadilah rumahku seperti tempat pemulungan kantong plastik,dimana- mana terlihat kantong plastik besar tempat semua kumpulan kantong plastik. Kebiasaan nenek mencuci piring bekas makan tidak menggunakan cairan pencuci,agar supaya dia tidak tersinggung, aku selalu mencucinya sekali lagi pada saat dia sudah tidur.Suatu hari,nenek mendapati aku sedang mencuci piring malam harinya,dia segera masukke kamar sambil membanting pintu dan menangis.Suamiku jadi serba salah,malam itu kami tidur seperti orang bisu,aku coba bermanja-manja dengan dia,tetapi dia tidak perduli.Aku menjadi kecewa dan marah..”Apa salahku?” Dia melotot sambil berkata:”Kenapa tidak kamu biarkan saja? Apakah memakan dengan pring itu bisa membuatmu mati?” Aku dan nenek tidak bertegur sapa untuk waktu yg culup lama,suasana mejadi kaku.Suamiku menjadi sangat kikuk,tidak tahu harus berpihak pada siapa?Nenek tidak lagi membiarkan suamiku masuk ke dapur,setiap pagi dia selalu bangun lebih pagi dan menyiapkan sarapan untuknya,suatu kebahagiaan terpancar di wajahnya jika melihat suamiku makan dengan lahap,dengan sinar mata yang seakan mencemohku sewaktu melihat padaku,seakan berkata dimana tanggung jawabmu sebagai seorang istri? Demi menjaga suasana pagi hari tidak terganggu,aku selalu membeli makanan diluar pada saat berangkat kerja.Saat tidur,suami berkata:”Lu di,apakah kamu merasa masakan ibu tidak enak dan tidak bersih sehingga kamu tidak pernah makan di rumah?” sambil memunggungiku dia berkata tanpa menghiraukan air mata yg mengalir di kedua belah pipiku.Dan dia akhirnya berkata:”Anggaplah ini sebuah permintaanku, makanlah bersama kami setiap pagi.”Aku mengiyakannya dan kembali ke meja makan yg serba canggung itu.

Pagi itu nenek memasak bubur,kami sedang makan dan tiba-tiba ada suatu perasaan yg sangat mual menimpaku,seakan- akan isi perut mau keluar semua.Aku menahannya sambil berlari ke kamar mandi,sampai disana aku segera mengeluarkan semua isi perut.Setelah agak reda,aku melihat suamiku berdiri didepan pintu kamar mandi dan memandangku dengan sinar mata yg tajam,diluar sana terdengar suara tangisan nenek dan berkata-kata dengan bahasa daerahnya.Aku terdiam dan terbengong tanpa bisa berkata-kata. Sungguh bukan sengaja aku berbuat demikian!. Pertama kali dalam perkawinanku, aku bertengkar hebat dengan suamiku,nenek melihat kami dengan mata merah dan berjalan menjauh..suamiku segera mengejarnya keluar rumah.. Menyambut anggota baru tetapi dibayar dengan nyawa nenek. Selama 3 hari suamiku tidak pulang ke rumah dan tidak juga  meneleponku. Aku sangat kecewa,semenjak kedatangan nenek di rumah ini,aku sudah banyak mengalah,mau bagaimana lagi?Entah kenapa aku selalu merasa mual dan kehilangan nafsu makan ditambah lagi dengan keadaan rumahku yang kacau,sungguh sangat menyebalkan. Akhirnya teman sekerjaku berkata:”Lu Di,sebaiknya kamu periksa ke dokter..”Hasil pemeriksaan menyatakan aku sedang hamil.Aku baru sadar mengapa aku mual-mual pagi itu.

Sebuah berita gembira yg terselip juga kesedihan.Mengapa suami dan nenek sebagai orang yg berpengalaman tidak berpikir sampai sejauh itu? Di pintu masuk rumah sakit aku melihat suamiku,3 hari tidak bertemu dia berubah drastis,muka kusut kurang tidur,aku ingin segera berlalu tetapi rasa iba membuatku tertegun dan memanggilnya. Dia melihat ke arahku tetapi seakan akan tidak mengenaliku lagi,pandangan matanya penuh dengan kebencian dan itu melukaiku.Aku berkata pada diriku sendiri,jangan lagi melihatnya dan segera memanggil taksi.Padahal aku ingin memberitahunya bahwa kami akan segera memiliki seorang anak.Dan berharap aku akan diangkatnya tinggi-tinggi dan diputar-putar sampai aku minta ampun tetapi….. mimpiku tidak menjadi kenyataan.

Didalam taksi air mataku mengalir dengan deras.Mengapa kesalah pahaman ini berakibat sangat buruk? Sampai di rumah aku berbaring di ranjang memikirkan peristiwa tadi,memikirkan sinar matanya yg penuh dengan kebencian,aku menangis dengan sedihnya.Tengah malam,aku mendengar suara orang membuka laci,aku menyalakan lampu dan melihat dia dgn wajah berlinang air mata sedang mengambil uang dan buku tabungannya. Aku nenatapnya dengan dingin tanpa berkata-kata. Dia seperti tidak melihatku saja dan segera berlalu.Sepertinya dia sudah memutuskan utk meninggalkan aku.Sungguh lelaki yg sangat picik,dalam saat begini dia masih bisa membedakan antara cinta dengan uang.Aku tersenyum sambil menitikan air mata.

Aku tidak masuk kerja keesokan harinya,aku ingin secepatnya membereskan masalah ini,aku akan membicarakan semua masalah ini dan pergi mencarinya di kantornya.Di kantornya aku bertemu dengan seketarisnya yg melihatku dengan wajah bingung.”Ibunya pak direktur baru saja mengalami kecelakaan lalu lintas dan sedang berada di rumah sakit.Mulutku terbuka lebar.Aku segera menuju rumah sakit dan saat menemukannya, nenek sudah meninggal.Suamiku tidak pernah menatapku,wajahnya kaku.Aku memandang jasad nenek yg terbujur kaku.Sambil menangis aku menjerit dalam hati:”Tuhan, mengapa ini bisa terjadi?” Sampai selesai upacara pemakaman,suamiku tidak pernah bertegur sapa denganku,jika memandangku selalu dengan pandangan penuh dengan kebencian.Peristiwa kecelakaan itu aku juga tahu dari orang lain,pagi itu nenek berjalan ke arah terminal,rupanya dia mau kembali ke kampung.Suamiku mengejar sambil berlari,nenek juga berlari makin cepat sampai tidak melihat sebuah bus yg datang ke arahnya dengan kencang.Aku baru mengerti mengapa pandangan suamiku penuh dengan kebencian.Jika aku tidak muntah pagi itu,jika kami tidak bertengkar, jika…….. ….dimatanya, akulah penyebab kematian nenek.

Suamiku pindah ke kamar nenek,setiap malam pulang kerja dengan badan penuh dengan bau asap rokok dan alkohol.Aku merasa bersalah tetapi juga merasa harga diriku terinjak-injak. Aku ingin menjelaskan bahwa semua ini bukan salahku dan juga  memberitahunya bahwa kami akan segera mempunyai anak.Tetapi melihat sinar matanya,aku tidak pernah menjelaskan masalah ini.Aku rela dipukul atau dimaki-maki olehnya walaupun ini bukan salahku.Waktu berlalu dengan sangat lambat.Kami hidup serumah tetapi seperti tidak mengenal satu sama lain.Dia pulang makin larut malam.Suasana tegang didalam rumah. Suatu hari,aku berjalan melewati sebuah café,melalui keremangan lampu dan kisi-kisi jendela, aku melihat suamiku dengan seorang wanita didalam.Dia sedang menyibak rambut sang gadis dengan mesra.Aku tertegun dan mengerti apa yg telah terjadi.Aku masuk kedalam dan berdiri di depan mereka sambil menatap tajam kearahnya.Aku tidak menangis juga tidak berkata apapun karena aku juga tidak tahu harus berkata apa.Sang gadis melihatku dan ke arah suamiku dan segera hendak berlalu.Tetapi dicegah oleh suamiku dan menatap kembali ke arahku dengan sinar mata yg tidak kalah tajam dariku.Suara detak jangtungku terasa sangat keras,setiap detak suara seperti suara menuju kematian.Akhirnya aku mengalah dan berlalu dari hadapan mereka,jika tidak… mungkin aku akan jatuh bersama bayiku dihadapan mereka.

Malam itu dia tidak pulang ke rumah..Seakan menjelaskan padaku apa yang telah terjadi.Sepeninggal nenek,rajutan cinta kasih kami juga sepertinya telah berakhir.Dia tidak kembali lagi ke rumah,kadang sewaktu pulang ke rumah,aku mendapati lemari seperti bekas dibongkar.Aku tahu dia kembali mengambil barang-barang keperluannya. Aku tidak ingin menelepon dia walaupun kadang terbersit suatu keinginan untuk menjelaskan semua ini.Tetapi itu tidak terjadi…… ….,semua berlalu begitu saja. Aku mulai hidup seorang diri,pergi check kandungan seorang diri.Setiap kali melihat sepasang suami istri sedang check kandungan bersama,hati ini serasa hancur.Teman- teman menyarankan agar aku membuang saja bayi ini,tetapi aku seperti orang yg sedang histeris mempertahankan miliknya.Hitung- hitung sebagai pembuktian kepada nenek bahwa aku tidak bersalah. “Suatu hari pulang kerja,aku melihat dia duduk didepan ruang tamu.Ruangan penuh dengan asap rokok dan ada selembar kertas diatas meja,tidak perlu tanya aku juga tahu surat apa itu.2 bulan hidup sendiri,aku sudah bisa mengontrol emosi.Sambil membuka mantel dan topi aku berkata kepadanya:”” Tunggu sebentar,aku akan segera menanda tanganinya”” .Dia melihatku dengan pandangan awut-awutan demikian juga aku.Aku berkata pada diri sendiri,jangan menangis,jangan menangis.Mata ini terasa sakit sekali tetapi aku terus bertahan agar air mata ini tidak keluar.Selesai membuka mantel,aku berjalan ke arahnya dan ternyata dia memperhatikan perutku yg agak membuncit.Sambil duduk di kursi,aku menanda tangani surat itu dan menyodorkan kepadanya.”” Lu di,kamu hamil?”” Semenjak nenek meninggal,itulah pertama kali dia berbicara kepadaku..Aku tidak bisa lagi membendung air mataku yg menglir keluar dengan derasnya.Aku menjawab:””Iya, tetapi tidak apa-apa.Kamu sudah boleh pergi””.Dia tidak pergi,dalam keremangan ruangan kami saling berpandangan. .Perlahan- lahan dia membungkukan badanya ke tanganku,air matanya terasa menembus lengan bajuku.Tetapi di lubuk hatiku,semua sudah berlalu,banyak hal yg sudah pergi dan tidak bisa diambil kembali.” Entah sudah berapa kali aku mendengar dia mengucapkan kata:”Maafkan aku,maafkan aku”.Aku pernah berpikir untuk memaafkannya tetapi tidak bisa.Tatapan matanya di cafe itu tidak akan pernah aku lupakan.Cinta diantara kami telah ada sebuah luka yg menganga.Semua ini adalah sebuah akibat kesengajaan darinya.. Berharap dinding es itu akan mencair,tetapi yang telah berlalu tidak akan pernah kembali.Hanya sewaktu memikirkan bayiku,aku bisa bertahan untuk terus hidup.Terhadapnya, hatiku dingin bagaikan es,tidak pernah menyentuh semua makanan pembelian dia,tidak menerima semua hadiah pemberiannya tidak juga berbicara lagi dengannya.Sejak menanda tangani surat itu,semua cintaku padanya sudah berlalu,harapanku telah lenyap tidak berbekas.

Kadang dia mencoba masuk ke kamar untuk tidur bersamaku,aku segera berlalu ke ruang tamu,dia terpaksa kembali ke kamar nenek.Malam hari,terdengar suara orang mengerang dari kamar nenek tetapi aku tidak perduli.Itu adalah permainan dia dari dulu.Jika aku tidak perduli padanya,dia akan berpura-pura sakit sampai aku menghampirinya dan bertanya apa yang sakit.Dia lalu akan memelukku sambil tertawa terbahak-bahak. Dia lupa…….. ,itu adalah dulu,saat cintaku masih membara,sekarang apa lagi yg aku miliki? Begitu seterusnya,setiap malam aku mendengar suara orang mengerang sampai anakku lahir.Hampir setiap hari dia selalu membeli barang-barang perlengkapan bayi,perlengkapan anak-anak dan buku-buku bacaan untuk anak-anak.Setumpuk demi setumpuk sampai kamarnya penuh sesak dengan barang-barang. Aku tahu dia mencoba menarik simpatiku tetapi aku tidak bergeming.Terpaksa dia mengurung diri dalam kamar,malam hari dari kamarnya selalu terdengar suara pencetan keyboard komputer.Mungkin dia lagi tergila-gila chatting dan berpacaran di dunia maya pikirku.Bagiku itu bukan lagi suatu masalah.

Suatu malam di musim semi,perutku tiba-tiba terasa sangat sakit dan aku berteriak dengan suara yg keras.Dia segera berlari masuk ke kamar,sepertinya dia tidak pernah tidur.Saat inilah yg ditunggu-tunggu olehnya.Aku digendongnya dan berlari mencari taksi ke rumah sakit.Sepanjang jalan,dia mengenggam dengan erat tanganku,menghapus keringat dingin yg mengalir di dahiku.Sampai di rumah sakit,aku segera digendongnya menuju ruang bersalin.Di punggungnya yg kurus kering,aku terbaring dengan hangat dalam dekapannya.Sepanjan g hidupku,siapa lagi yg mencintaiku sedemikian rupa jika bukan dia? Sampai dipintu ruang bersalin,dia memandangku dengan tatapan penuh kasih sayang saat aku didorong menuju persalinan,sambil menahan sakit aku masih sempat tersenyum padanya..Keluar dari ruang bersalin,dia memandang aku dan anakku dengan wajah penuh dengan air mata sambil tersenyum bahagia.Aku memegang tanganya,dia membalas memandangku dengan bahagia,tersenyum dan menangis lalu terjerambab ke lantai..Aku berteriak histeris memanggil namanya. Setelah sadar,dia tersenyum tetapi tidak bisa membuka matanya…aku pernah berpikir tidak akan lagi meneteskan sebutir air matapun untuknya,tetapi kenyataannya tidak demikian,aku tidak pernah merasakan sesakit saat ini.Kata dokter,kanker hatinya sudah sampai pada stadium mematikan,bisa bertahan sampai hari ini sudah merupakan sebuah mukjijat.Aku tanya kapankah kanker itu terdeteksi? 5 bulan yg lalu kata dokter,bersiap- siaplah menghadapi kemungkinan terburuk.Aku tidak lagi perduli dengan nasehat perawat,aku segera pulang ke rumah dan ke kamar nenek lalu menyalakan komputer.

Ternyata selama ini suara orang mengerang adalah benar apa adanya,aku masih berpikir dia sedang bersandiwara. ….Sebuah surat yg sangat panjang ada di dalam komputer yg ditujukan kepada anak kami.”Anakku, demi dirimu aku terus bertahan,sampai aku bisa melihatmu.Itu adalah harapanku.Aku tahu dalam hidup ini,kita akan menghadapi semua bentuk kebahagiaan dan kekecewaan,sungguh bahagia jika aku bisa melaluinya bersamamu tetapi ayah tidak mempunyai kesempatan untuk itu.Didalam komputer ini,ayah mencoba memberikan saran dan nasehat terhadap segala kemungkinan hidup yg akan kamu hadapi.Kamu boleh mempertimbangkan saran ayah. “””Anakku,selesai menulis surat ini,ayah merasa telah menemanimu hidup selama bertahun -tahun.Ayah sungguh bahagia.Cintailah ibumu,dia sungguh menderita,dia adalah orang yg paling mencintaimu dan adalah orang yg paling ayah cintai””. Mulai dari kejadian yg mungkin akan terjadi sejak TK,SD,SMP,SMA sampai kuliah,semua tertulis dengan lengkap didalamnya..Dia juga menulis sebuah surat untukku.””Kasihku, dapat menikahimu adalah hal yg paling bahagia aku rasakan dalam hidup ini.Maafkan salahku,maafkan aku tidak pernah memberitahumu tentang penyakitku.Aku tidak mau kesehatan bayi kita terganggu oleh karenanya..Kasihku, jika engkau menangis sewaktu membaca surat ini,berarti kau telah memaafkan aku..Terima kasih atas cintamu padaku selama ini.Hadiah-hadiah ini aku tidak punya kesempatan untuk memberikannyapada anak kita.Pada bungkusan hadiah tertulis semua tahun pemberian padanya””.” Kembali ke rumah sakit,suamiku masih terbaring lemah.Aku menggendong anak kami dan membaringkannya diatas dadanya sambil berkata:”Sayang, bukalah matamu sebentar saja,lihatlah anak kita.Aku mau dia merasakan kasih sayang dan hangatnya pelukan ayahnya”.Dengan susah payah dia membuka matanya,tersenyum. ……… … ..anak itu tetap dalam dekapannya,dengan tanganya yg mungil memegangi tangan ayahnya yg kurus dan lemah.Tidak tahu aku sudah menjepret berapa kali momen itu dengan kamera di tangan sambil berurai air mata…….. ……… ….. Teman2 terkasih,aku sharing cerita ini kepada kalian,agar kita semua bisa menyimak pesan dari cerita ini.Mungkin saat ini air mata kalian sedang jatuh mengalir atau mata masih sembab sehabis menangis,ingatlah pesan dari cerita ini : “Jika ada sesuatu yg mengganjal di hati diantara kalian yg saling mengasihi,sebaiknya utarakanlah jangan simpan didalam hati.Siapa tau apa yg akan terjadi besok? Ada sebuah pertanyaan: Jika kita tahu besok adalah hari kiamat,apakah kita akan menyesali semua hal yg telah kita perbuat? atau apa yg telah kita ucapkan? Sebelum segalanya menjadi terlambat,pikirlah matang2 semua yg akan kita lakukan sebelum kita menyesalinya seumur hidup. Diterjemahkan secara bebas oleh aku……… …..

Oleh: eddynurh | November 26, 2008

Membuat IP di Brocade SAN Switch

 SWITCH INSTALLATION======================== 

1. MASUKKAN KABEL SERIAL DI SWITCH KE   KOMPUTER -> UTK MEMBUAT IP PADA SWITCH

2. MASUK KE START | PROGRAM | ACCESSORIES | COMMUNICATION | HYPERTERMINAL 

3. PILIH COMMUNICATIONNYA COM1 

4. TERUS CONFIGURE BAUD 9600, 8 DATA BITS, NO PARITY, 1 STOP BIT AND NO     FLOW CONTROL -> biasanya ada di petunjuknya, jadi belum tentu sama semua 

5. TEKAN <ENTER> 

6. MASUKKAN LOGIN = admin   -> ini defaultnya 

7. Masukkan password = password   -> ini defaultnya 

8. Ketik command <ipAddrSet>, tekan <ENTER> -> ATAU KETIK ,<help> UTK                     liat command yg lain        -> ini utk menset ip switch 

9. utk keluar <exit>        

10. cabut kabel serialnya 

11. masuk ke ie (internet explorer) lalu masukkan ip switch ( yg tadi ) 

12. anda akan masuk ke switch explorer2.

Oleh: eddynurh | November 26, 2008

Membuat Mirror

MEMBUAT MIRROR==============

1. Membuat mirror dari root (/) 

 a. Membuat concatenation pertama dengan menggunakan -f option   #metainit -f d0 1 1 c0t0d0s1    d0:Concat/Stripe is setup 

 b. Membuat concatenation kedua  #metainit d1 1 1 c0t1d0s1  d1:concat/stripe is setup  

 c. Metainit dengan option -m utk membuat one way mirror  #metainit d2 -m d0  d2:mirror is setup 

 d. Metaroot command edit /etc/vfstab dan /etc/system jadi sistem dapat memboot  #metaroot d2  #lockfs -fa  #shutdown -y -g0 -i0  pada OK prompt   (0)OK boot -s        -> ini utk masuk ke single mode 

 e. #metattach d2 d1     d2:Submirror d1 is attached    untuk melihat proses yang sedang berlangsung  #metastat d2    jika sudah selesai, baru di reboot2.

 Membuat Mirror dari file sistem yang yang tidak bisa di unmounted (/usr,swap) 

a. membuat concatenation pertama dengan menggunakan option -f  #metainit -f d3 1 1 c0t0d0s3  

b. Membuat concatenation kedua  #metainit d4 1 1 c0t1d0s3 

c. Membuat one way mirror dengan option -m  #metainit d5 -m d3 

d. vi/etc/vfstab  Contohnya :   /dev/dsk/c0t0d0s3  –  –  swap  –   no  –  diganti dengan :   /dev/md/dsk/c0t0d0s3  –  –   /usr  ufs  2  yes  – 

e. metattach d5 d4 untuk melihat proses yang sedang berlangsung  #metastat d2    jika sudah selesai, baru di reboot

3. Membuat mirror dari sistem file unmounted (/opt, /var) 

a. membuat concatenation pertama  #metainit -f d6 1 1 c0t0d0s4 

b. membuat concatention kedua  #metainit d7 1 1 c0t1d0s4 

c. membuat one way mirror dengan option -m  #metainit d8 -m d6 

d. #umount /opt  

e. #vi /etc/vfstab  contohnya :  /dev/dsk/c0t0d0s4  /dev/rdsk/c0t0d0s4  /opt ufs  2  yes  –    diubah mjd  /dev/md/dsk/c0t0d0s4  /dev/md/rdsk/c0t0d0s4   /opt   ufs   2  yes – 

f. #mount /opt 

g. #metattach d8 d7 

UTK MELIHAT PROSES APAKAH SUDAH SELESAI ATAU BELUM DG  

#metastat d8 JIKA SUDAH SELESAI MAKA DI REBOOT

Oleh: eddynurh | November 26, 2008

MEMBUAT BOOT DISK

MEMBUAT BOOT DISK========================

utk membuat mirror database, kita harus membuat boot disk terlebih dahulu, karena niat kita membuat mirror itu utk back up hardisk, misalnya ada HD 1 yang rusak maka HD 2(yang lainnya) akan langsung menggantikan HD yang rusak tersebut (HD 1)JANGAN LUPA UTK ME UNMOUNT DULU SLICE 7 (UNASSIGNED) DENGAN CARA :   #unamount c0t0d0s7

langkah2 nya : 

1. Membuat copy VTOC ke disk mirror  #prtvtoc /dev/rdsk/c0t0d0s2 | fmthard -s -/dev/rdsk/c0t1d0s2*   * -> c0t1d0s2 = ini tergantung dari disk satunya.     bisa dilihat dengan command ‘format’     lalu tekan ctrl + c utk keluar 

2. Buat boot blok ke contigency disk  #/usr/sbin/installboot/usr/platform/`uname -i`/lib/fs/ufs/bootblk/dev/rdsk/c0t1d0s0 

3. Idealnya 3 replikasi dibuat, setiap disk yang berbeda terkoneksi      dengan HBA (Host Bus Adapter) yang berbeda.      #metadb -a -f -c 3 c0t0d0s7  #metadb -a c 3 c0t1d0s7               

4. Disable Quorum rule to enable this tunable,   #echo set md:mirrored_root_flag=1 >>/etc/system

Oleh: eddynurh | Juni 18, 2008

Downgrading from a Higher Release

Downgrading from a Higher Release

Use the install all command to reload the switch and handle configuration conversions. When downgrading any switch in the Cisco MDS 9000 Family, avoid using the reload command.

For example, to revert to Cisco MDS SAN-OS Release 1.3(4b) or 1.3(5) from Release 2.x, follow these steps:


Step 1 Verify that the system image files for the downgrade are present on the active supervisor module bootflash:.

switch# dir bootflash:
      12288     Jan 01 00:01:06 1980  lost+found/ 
    3821032     Apr 06 16:50:22 2006  m9000-ek9-ssi-mzg.2.1.1a.bin
   14765056     Mar 21 15:35:06 2006  m9500-sf1ek9-kickstart-mz.1.3.4b.bin 
   15944704     Apr 06 16:46:04 2006  m9500-sf1ek9-kickstart-mz.2.1.1a.bin 
   48063243     Mar 21 15:34:46 2006  m9500-sf1ek9-mz.1.3.4b.bin 
   48036239     Apr 06 16:45:41 2006  m9500-sf1ek9-mz.2.1.1a.bin
 
Usage for bootflash://sup-local 
  130642562 bytes used 
   53917054 bytes free 
  184559616 bytes total

Step 2 If the software image file is not present, download it from a FTP or TFTP server to the active supervisor module bootflash:. You can obtain the software image file from the Cisco.com software download center at the following URL:

http://www.cisco.com/public/sw-center/sw-stornet.shtml


Note If you need more space on the active supervisor module bootflash:, use the delete command to remove unnecessary files.


switch# copy ftp://ftpserver.cisco.com/MDS/m9500-sf1ek9-mz.1.3.4b.bin 
bootflash:m9500-sf1ek9-mz.2.1.2b.bin 

Step 3 Issue the show incompatibility system image-filename command to determine if you need to disable any features not supported by the older release.

Switch# show incompatibility system bootflash:m9500-ek9-mz.1.3.4b.bin
The following configurations on active are incompatible with the system image
1) Service :cfs , Capability :CAP_FEATURE_CFS_ENABLED_CALLHOME
Description :CFS - Distribution is enabled for CALLHOME
Capability requirement :STRICT
 
2) Service :cfs , Capability :CAP_FEATURE_CFS_ENABLED_PORT_SECURITY
Description :CFS - Distribution is enabled for PORT-SECURITY
Capability requirement :STRICT
 
3) Service :cfs , Capability :CAP_FEATURE_CFS_ENABLED_NTP
Description :CFS - Distribution is enabled for NTP
Capability requirement :STRICT
 
4) Service :cfs , Capability :CAP_FEATURE_CFS_ENABLED_TACACS
Description :CFS - Distribution is enabled for TACACS
Capability requirement :STRICT
 
5) Service :cfs , Capability :CAP_FEATURE_CFS_ENABLED_RADIUS
Description :CFS - Distribution is enabled for RADIUS
Capability requirement :STRICT

Step 4 Disable any features that are incompatible with the downgrade system image.

switch# config t
switch(config)# no callhome distribute
switch(config)# no port-security distribute
switch(config)# no ntp distribute
switch(config)# no tacacs+ distribute
switch(config)# no radius distribute
switch(config)# exit 
switch#

Step 5 Save the configuration using the copy running-config startup-config command.

Step 6 Issue the install all command to downgrade the software (see the “Upgrading SAN-OS Software on an Existing Cisco MDS Switch” section).

Older Posts »

Kategori